Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Diagram Pencar Kelas 11 dan Jawabannya

Contoh soal diagram pencar kelas 11 perlu dipelajari agar dapat lebih memahami materi tersebut. Diagram pencar atau diagram scatter merupakan diagram yang digunakan saat harus menyajikan data yang terdiri dari dua variabel Juan rotator.


Dalam hal ini diperlukan variabel independen untuk membuat prediksi pada nilai variabel dependen. Variabel independen digambarkan pada sumbu X diagram pencar. Sementara itu, variabel dependen digambarkan pada sumbu Y di diagram pencar. Karakteristik Diagram Pencar

Karakteristik Diagram Pencar

Sebelum mengetahui contoh soal diagram pencar, penting sekali memahami karakteristik dari diagram ini. Diagram pencar merupakan jenis diagram yang menunjukkan titik-titik tertentu. Setiap titik menampakkan hasil yang dinilai sebagai variabel dependen atau independen.

Ada dua manfaat diagram pencar, yakni membantu untuk menunjukkan hubungan yang bermanfaat antara dua variabel dan membantu menetapkan tipe persamaan yang menampilkan hubungan dari kedua variabel tersebut.

Contoh Soal Diagram Pencar Kelas 11



Mengutip buku Statistik Teori dan Aplikasi, Supranto  inilah contoh soal diagram pencar dan jawabannya yang bisa dipelajari oleh siswa:

1. Sebuah data menggambarkan hasil produksi karyawan yang dinyatakan dalam satuan lusin (sebagai variabel dependen) dan hasil tes kecerdasan karyawan (sebagai variabel independen), terhadap 8 orang karyawan pabrik mainan anak-anak "Tackey".

Jika hasil tes kecerdasan menunjukkan asumsi yang diprediksi, nampaknya masuk akal jika diasumsikan bahwa karyawan yang memiliki nilai tinggi akan mermberi hasil produksi yang lebih tinggi pula. Jawab:





Data dari seorang karyawan akan menunjukkan satu titik tertentu pada diagram pencar, seperti terlihat pada gambar di atas. Titik-titik yang memperlihatkan karyawan C dan F diberikan tanda agar diketahui kedua hasil pengamatan pada dua karyawan tersebut untuk membuat grafik. Pada gambar di atas, 8 titik membentuk gerakan sedemikian rupa sampai menciptakan garis lurus.

Selain itu, dapat diketahui bahwa ada hubungan yang positif antara kedua variabel. Contohnya, jika skor kecerdasan meningkat, maka hasil produksinya juga meningkat.

Diagram di bawah ini menunjukkan beberapa kemungkinan bentuk diagram pencar. Pada bagian a dan b terdapat hubungan garis lurus yang positif.




M. Yasin Syaifullah
M. Yasin Syaifullah Saya adalah seorang mahasiswa aktif di salah satu Perguruan Tinggi swasta. Dan saya senang menulis untuk berbagi | Iam a college student and I like writing to sharing.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Diagram Pencar Kelas 11 dan Jawabannya"