Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Materi Termodinamika Kelas 11

Termodinamika merupakan cabang ilmu Fisika yang mempelajari perubahan energi. Materi termodinamika kelas 11 mencakup konsep dasar yang akan membantu siswa memahami bagaimana energi berinteraksi.

Dikutip dari Buku Termodinamika Tinjauan Sains dan Rekayasa, Masruroh dkk, (2021), termodinamika memiliki peran mendasar pada kehidupan sehari-hari dan pembelajaran di bidang sains, dan rekayasa. Sisterm termodinamika adalah suatu masa atau daerah yang dipilih untuk dijadikan objek analisis.




Pengertian Termodinamika Kelas 11

Termodinamika sendiri berasal dari dua kata yaitu termal (berkenaan dengan panas) dan dinamika (berkenaan dengan pergerakan). Jadi, termodinamika adalah kajian mengenai hubungan, panas, kerja dan energi dan secara khusus berkenaan dengan perubahan panas menjadi kerja.

Hukum dalam termodinamika pertama dan juga kedua dirumuskan pada abad ke-19 oleh para ilmuwan berkenaan dengan peningkatan efisiensi mesin uap. Secara sederhananya, termodinamika merupakan cabang ilmu yang memperlajari mengenai pertukaran energi dalam bentuk kerja, kalor, dan juga sistem dalam lingkungan. Sistem sendiri merupakan sesuatu yang menjadi subjek pembahasan ataupun fokus perhatian.

Lingkungan adalah segala sesuatu yang tidak termasuk dalam sistem atau segala keadaan di luar sistem. Misalnya, ketika hendak menyelidiki air yang berada dalam termos.


Terdapat beberapa sistem termodinamika, di antaranya yaitu: 

1. Sistem Terbuka

Sistem ini ada pertukaran massa dan energi sistem dalam lingkungannya. Contohnya, lautan, dan tumbuh-tumbuhan. 

2. Sistem Tertutup 

Selanjutnya, pada sistem tertutup ada pertukaran energi, tetapi tidak terjadi pertukaran massa sistem dengan lingkungannya. Contohnya, Green House ada pertukaran kalor, tetapi tidak terjadi pembentkan kerja dengan lingkungan. 

3. Sistem Terisolasi

Hukum termodinamika 1 berbunyi, "Kalor yang diterima (Q) sebahagian digunakan untuk melakukan usaha (W) dan sebahagian lagi digunakan untuk perubahan energi dalam (aU)".


Q = W + AU

• aU = perubahan energi dalam (U2-U1) 

•Q= kalor W= usaha






M. Yasin Syaifullah
M. Yasin Syaifullah Saya adalah seorang mahasiswa aktif di salah satu Perguruan Tinggi swasta. Dan saya senang menulis untuk berbagi | Iam a college student and I like writing to sharing.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Materi Termodinamika Kelas 11"