Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Sifat Fisika Alkali Tanah dan Fungsi nya

Sifat fisika alkali tanah adalah karakteristik atau ciri khusus yang dimiliki oleh unsur-unsur dalam golongan alkali tanah di tabel periodik. Sifat-sifat fisika ini menggambarkan bagaimana unsur-unsur alkali tanah dapat digunakan atau diproses. Sifat-sifat ini merupakan karakteristik umum yang membedakan alkali tanah dari golongan unsur lainnya. Perbedaan khusus antar unsur-unsur dalam kelompok ini dapat ditemukan dalam karakteristik fisik mereka yang spesifik. Macam-Macam Sifat Fisika Alkali Tanah






Macam-Macam Sifat Fisika Alkali Tanah

Pada masa lalu, para ilmuwan merasa bingung oleh penemuan suatu zat yang memiliki sifat berbeda dari logam biasanya. Zat ini tidak dapat larut dalam air dan ditemukan dalam bentuk padat di dalam lapisan tanah.

Ternyata, substansi tersebut merupakan unsur yang terdiri dari senyawa logam dan oksigen. Zat tersebut kemudian diberi nama alkali logam. Alkali tanah adalah kelompok unsur kimia yang terletak di golongan 2 tabel periodik, tepat di bawah unsur-unsur alkali (golongan 1).

Berdasarkan buku Kimia untuk SMA/MA Kelas XIl (Diknas), Suyatno, kelompok alkali tanah terdiri dari enam unsur, yaitu: 1. Berilium (Be) 2. Magnesium (Mg) 3. Kalsium (Ca) 4. Stronsium (Sr) 5. Barium (Ba) 6. Radium (Ra) Alkali tanah memiliki berbagai sifat-sifat fisika yang menjadikannnya unik dan berbeda dengan unsur lainnya. Sifat fisika alkali tanah tersebut sebagai berikut. 1. Titik Lebur dan Titik Didih yang Rendah Alkali tanah umumnya memiliki titik lebur dan titik didih yang lebih rendah dibandingkan dengan beberapa logam di golongan lainnya. Titik lebur dan titik didih yang rendah ini memudahkan pemrosesan dan penggunaan logam tersebut. 2. Warna Logam

1. Titik Lebur dan Titik Didih yang Rendah Alkali tanah umumnya memiliki titik lebur dan titik didih yang lebih rendah dibandingkan dengan beberapa logam di golongan lainnya. Titik lebur dan titik didih yang rendah ini memudahkan pemrosesan dan penggunaan logam tersebut. 

2. Warna Logam Unsur-unsur alkali tanah memiliki warna logam yang umumnya perak keabu-abuan. Warna ini dapat menjadi ciri visual yang membantu dalam mengidentifikasi unsur-unsur ini. Perubahan warna dapat terjadi karena oksidasi atau kontaminasi.

3. Kepadatan Rendah
Alkali tanah umumnya memiliki kepadatan yang relatif rendah dibandingkan dengan beberapa unsur di golongan lainnya. Kepadatan yang rendah membuatnya lebih ringan dan sesuai untuk berbagai aplikasi, seperti konstruksi dan manufaktur. 

4. Konduktivitas Termal Tinggi Berbagai unsur alkali tanah memiliki konduktivitas termal yang tinggi, artinya efisien dalam menghantarkan panas. Sifat ini membuatnya bermanfaat dalam berbagai aplikasi, termasuk sebagai bahan konduktor panas dalam industri dan teknologi.

5. Sifat Peningkatan Reaktivitas ke Bawah Golongan Reaktivitas alkali tanah cenderung meningkat saat bergerak ke bawah dalam golongan. Atom alkali tanah semakin mudah kehilangan dua elektron saat bergerak ke bawah, sehingga meningkatkan reaktivitas kimianya.

6. Sifat Radioaktif  pada Radium, unsur alkali tanah terakhir, bersifat radioaktif. Sifat ini membedakannya dari unsur-unsur alkali tanah lainnya. Radium memiliki tingkat radioaktivitas yang tinggi dan dapat memancarkan partikel alfa.






M. Yasin Syaifullah
M. Yasin Syaifullah Saya adalah seorang mahasiswa aktif di salah satu Perguruan Tinggi swasta. Dan saya senang menulis untuk berbagi | Iam a college student and I like writing to sharing.

Posting Komentar untuk "6 Sifat Fisika Alkali Tanah dan Fungsi nya"