Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Fungsi MID Excel? Ini Penjelasan dan Cara Menggunakannya

Pada saat ini dalam mengurus sebuah laporan banyak menggunakan Excel, hal ini sangat membantu karena Excel dianggap sebagai aplikasi yang paling sering diandalkan untuk mengolah dan menganalisis data. Excel menawarkan berbagai fungsi yang dapat mempermudah pekerjaan Anda. Salah satu fungsi tersebut adalah Fungsi MID.


Apa Itu Fungsi MID pada Excel?

Fungsi Teks ini terbagi lagi menjadi berbagai fungsi, salah satunya adalah Fungsi MID. MID digunakan untuk mengekstrak substring dari tengah string teks. Fungsi ini membutuhkan tiga argumen, yakni string teks untuk diekstrak, posisi karakter pertama yang diekstrak, dan jumlah karakter untuk diekstrak.

Mengutip dari laman Ablebits, MID sebenarnya cukup sederhana. Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat untuk dapat benar-benar memanfaatkan fungsi ini. Simak beberapa fakta tentang Fungsi MID di bawah ini.

1. Fungsi MID selalu mengembalikan string teks walaupun substring yang diekstraksi hanya berisi angka. Fakta ini penting untuk Anda yang ingin menggunakan hasil rumus MID dalam penghitungan lainnya.

2. Jika posisi karakter pertama yang ingin diekstrak lebih besar dari panjang keseluruhan teks asli, rumus Excel MID akan membuat string teks menjadi kembali kosong.

3. Apabila posisi karakter pertama yang ingin diekstrak kurang dari 1, rumus MID akan menampilkan #VALUE! error.

4. Jika jumlah karakter yang akan diekstrak kurang dari O atau angka negatif, rumus MID akan menghasilkan #VALUE! error.

5. Apabila jumlah karakter yang akan diekstrak sama dengan 0, maka akan keluar string atau sel yang kosong.

6. Jika total dari posisi karakter pertama dan jumlah karakter yang akan diekstrak melebihi panjang total string asli, MID akan mengembalikan substring mulai dari posisi karakter pertama yang ingin diekstrak dan hingga karakter terakhir.

Seperti yang suda diketahui, Fungsi MID memiliki tiga argumen yang memiliki definisi masing-masing. Mari menerapkannya pada contoh yang mudah. Misalnya, Anda memiliki string teks "Hello World". Apabila Anda ingin mengekstrak kata "World" dari tengah string, Anda perlu menggunakan tiga argumen pada rumus MID seperti berikut.

1. String teks untuk diekstrak adalah "Hello World",

2. Posisi karakter pertama "World" dari "Hello World" adalah enam.

3. Dan jumlah karakter akan diekstrak adalah lima.

4. Sehingga rumusnya adalah =MID("Hello World",6,5).

5. Maka, hasilnya akan muncul kata "World" seperti yang dinginkan.




Sekian ulasan ini dan semoga bermanfaat.








M. Yasin Syaifullah
M. Yasin Syaifullah Saya adalah seorang mahasiswa aktif di salah satu Perguruan Tinggi swasta. Dan saya senang menulis untuk berbagi | Iam a college student and I like writing to sharing.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Fungsi MID Excel? Ini Penjelasan dan Cara Menggunakannya"